Pages

Sabtu, 17 September 2016

Wawasan Kebangsaan

Wawasan Kebangsa

Bangsa adalah sekumpulan orang yang saling menghargai perbedaan dan selalu menjunjung tinggi suatu keadilan, perbedaan dalam suku, budaya, agama, dan lain-lain.

Wawasan Kebangsaan lahir ketika suatu bangsa berjuang membebaskan diri dari segala bentuk penjajahan dan demi mewujudkan tujuan bersama ( Merdeka dan Makmur ).

Wawasan Kebangsaan dapat diartikan sebagai konsepsi cara pandang yang dilandasi akan kesadaran diri sebagai warga dari suatu negara akan diri dan lingkungannya didalam kehidupan Berbangsa dan Bernegara.

Tujuannya adalah menghapuskan semua ketidakadilan yang ada pada suatu bangsa dan memperjuangkan hak-hak yang seharusnya diperoleh oleh setiap warga negara.

Berbangsa, Berbahasa, Bertanah air satu dan mewujudkan suatu Bhineka Tunggal Ika dan menyatukan tujuan untuk memperoleh tujuan yang sama dan memperjuangkannya bersama.

Demografi Negara Indonesia :
- Jumlah Penduduk : 255 juta jiwa pada tahun 2015
- Penyebarn tidak merata
- Kekayaan budaya dan bahasa daerah
- Sumber kekayaan alam yang berlimpah

Hal yang membuat rakyat Indonesia kurang makmur :
Tentunya karena Negara Indonesia tidak bisa memanfaatkan sebaik mungkin sumber yang melimpah, kurangnya kesadaran pada setiap masyarakat Indonesia, terlalu banyak perbedaan budaya yang sulit dilakukan untuk bersatu dalam satu tujuan yang sama, pemerintah yang terlalu mementingkan diri sendiri tanpa melihat kesengsaraan rakyatnya. kurangnya sarana dan prasaran untuk mengolah sumber daya alam yang melimpah itu, terlalu banyak menjalin kerjasam dengan negara lain, itupun juga memiliki resiko yang tinggi, jika kita tidak bisa mengontrol itu semua, maka negara yang lain itupun akan memanfaatkan kita dan mengambil sumber daya alam kita. Contoh : freeport.

Permasalahan yang dihadapi :
- Korupsi
- Kemiskinan
- Masuknya budaya asing
- Perubahan pola pikir yang buruk
- Keegoisan Pemerintah
- Sikap Otoriter
- Perubahan budaya kearah yang buruk

Ajarkanlah calon pemimpin kita dengan sifat kerja keras, bukan kekerasan. karena itu semua akan mengantarkan mereka menjadi pemimpin yang baik dan tentunya amnah.

Kesimpulan dari Wawasan Kebangsaan :
Jadi, Wawasan Kebangsaan pada hakekatnya adalah hasrat yang sangat kuat untuk kebersamaan dalam mengatasi perbedaan dan diskriminasi. dan wawasan kebangsaan tidak dilansadi oleh asal usul, kedaerahan, suku, keturunan, status sosial, agama, dan keyakinan, melainkan dilandasi akan kesadaran diri sebagai warga dari suatu negara  tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar